Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bahan bamboo sering digunakan dalam pembuatan perabot, namun pada kenyataannya kelas keawetan bamboo tersebut masih sering dipertanyakan oleh para pembeli, karena rata-rata perabot yang dibuat dari bahan bamboo mengalami kerusakan akibat bubuk dan serangat rayap. Hal ini dikarenakan para pembuat / pengerajin perabot dari bamboo tidak mengetahui cara pengawetannya atau kurang mengetahui cara dalam pengawetan bahan bamboo.

Jenis-jenis bamboo yang sering digukan untuk bahan pembuatan perabot dari bamboo antara lain:
-Bambu Petung


-Bambu Wulung


-Bambu Apus

-Bambu Cendani


Proses pengawetannya sendiri memang berbeda dengan pengawetan seperti bahan perabot yang dibuat dari bahan kayu masiv / kayu dari pohon pada umumnya. Hal ini dikarenakan bamboo tidak digolongkan dengan pohon, namun bamboo termasuk dalam golongan rumput.
Cara pengawetannya pun sangat sederhana, yaitu

  1. Bambu jenis Petung, Wulung dan Apus, diawetkan dengan cara Vertical Soak Diffusion selama 14 hari, dengan larutan boron antara 5-10%. Bambu tidak dioven atau kiln dry, untuk mencegah resiko bamboo menjadi pecah bisa dilakukan dengan cara tradisional yaitu ditempatkan di tempat kering / diangin-anginkan, tetapi membutuhkan waktu yang lama.
  2. Bambu jenis Cendani hanya di oven, tanpa menggunakan boron.

Oleh: Yoz

About these ads